RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Trans Jawa Terkini: Bagaimana Perkembangannya?

Trans Jawa Terkini: Bagaimana Perkembangannya?

Sebelum membahas lebih banyak tentang Trans Jawa terkini, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang proyek besar tentang infrastruktur tersebut. Trans Jawa adalah jalan tol yang memanjang di sepanjang pulau Jawa. Dua kota besar yang dihubungkan oleh jalur Trans Jawa adalah Surabaya dan Jakarta. Untuk berita lengkapnya, Anda bisa baca dengan mengunjungi situs ini.

Tentunya dari Surabaya yang berada di Jawa Timur ke Jakarta yang ada di bagian paling barat Jawa Anda akan berpikir bahwa perjalanan tentu sangat panjang. Memang benar, seperti halnya jalur Anyer-Panarukan yang dibangun oleh Daendels di masa penjajahan Belanda kini tol tersebut juga mempunyai rute sepanjang kurang lebih 1000 kilometer. Angka yang sangat fantastis bukan?

Persemian dari rute tol Trans Jawa sendiri yaitu pada 20 Desember 2018 yang lalu. Jadi tol ini bisa dikatakan masih baru dan tentu kabar Trans Jawa terkini menjadi pertanyaan beberapa pengamat atau bahkan semua rakyat Indonesia secara umum. Ternyata, di tahun ini tol telah berhasil mengangkut banyak truk petikemas dan bus untuk transportasi orang maupun barang.

Agaknya hal ini memang sangat positif karena tujuan awalnya dari pembuatan Trans Jawa sendiri memang untuk rangkaian Asian Highway 2 atau disingkat sebagai AH2. Jalur ini merupakan proyek internasional yang melibatkan banyak negara mulai Denpasar Bali sampai ke Khosravi yang terletak di Iran.

Bagi Anda yang ingin mencoba rute Trans Jawa, ada beberapa titik yang bisa digarisbawahi. Titik pertama yaitu dari Jakarta hingga ke Merak. Titik Kedua yaitu dari Jakarta ke Cikampek. Titik ketiga yaitu dari Cikopo ke Palimanan. Titik keempat yaitu dari Palimanan ke Kanci.

Lanjutannya yaitu titik kelima yaitu dari Kanci ke Pejagan dan titik ke enam merupakan alur setelah itu yakni Pejagan menuju Pemalang. Dari Jawa Tengah di Pemalang rute dilanjutkan ke Batang dan kemudian menuju pula ke Semarang. Ada rute berikutnya yaitu dari 2 kota paling besar di Jawa Tengah yaitu Semarang menuju Solo.

Rute berikutnya yaitu dari Solo mulai ke Jawa Timur dimulai dari Ngawi. Lanjut lagi dariNgawi menuju ke Kertosono. Dari Kertosono kemudian menuju Mojokerto. Berikutnya adalah rute Mojokerto ke Surabaya dan kemudian lanjut Surabaya menuju Gempol. Titik-titik terakhir dari rute ini yaitu Surabaya Gempol menuju Gempol Pasuruan dan Probolinggo. Terakhir yaitu ujung Provinsi Jawa Timur yakni Banyuwangi.

Meskipun sudah direncanakan sejak tahun 1984 dalam pembangunannya tetapi kabar terkini dari tol tersebut memang sangat menggembirakan. Pasalnya, transportasi dan proses ekspor impor akan selalu muncul secara cepat dan dilakukan amat dinamis. Berbeda dengan jika melewati jalan biasa dengan risiko macet berhari-hari apalagi untuk perjalanan petikemas.

Bukan hanya melewati jalur yang panjang, Trans Jawa juga mengakomodasi beberapa titik di ujung barat persimpangan seperti Merak, Tanjungmas – Srondol, Ungaran – Bawen, serta Waru – Juanda. Dengan demikian pasti para sopir dan pengendara kendaraan pribadi maupun umum akan lebih cepat dalam mobilitas serta aksesibilitasnya pun meningkat.

Menurut sopir yang membawa hasil laut dan panen, karena cepatnya perjalanan dengan tol maka sangat mudah untuk distribusi barang-barang. Lalu ikan serta buah-buahan juga tidak akan busuk sebelum sampai di tujuan.

Itulah kabar tentang Trans Jawa terkini dengan berbagai hal positif dibawa. Bagaimanapun juga akses transportasi yang mudah dan infrastruktur akan berpengaruh besar pada distribusi. Jadi kegiatan ekonomi pun akan semakin berkembang dan inilah yang menjadi salah satu pencapaian negara dari tahun ke tahun selama beberapa periode presiden.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
Di tulis oleh: |
Kategori: Uncategorized | No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.