RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Merekayasa foto/ gambar ala preman sangar.

Merekayasa foto/ gambar ala preman sangar.

Variasi penampilan dari diri Anda terkadang memang perlu dilakukan. Tujuannya untuk kesenangan semata maupun untuk mengubah image secara serius. Tapi jika enggan berepot ria, Anda bisa melakukannya pada foto Anda saja. Pada praktik kali ini, kami mencoba mengubah penampilan wajah menjadi sangar seperti preman dengan bekas luka di wajah.

1. Buka Foto/ gambar Wajah
Langkah pertama adalah membuka foto wajah yang ingin Anda modifikasi. Foto wajah ini sebenarnya bisa siapapun dan di manapun orang tersebut berada. Namun, satu yang perlu diperhatikan dalam pemilihan foto adalah usahakan agar pencahayaan pada wajah tidak banyak terpantul karena wajah yang terlalu terang akibat minyak atau cahaya yang kuat akan mengganggu efek ini. Selain itu, pilih foto wajah yang berperspektif miring, jangan yang lurus seperti pas foto. Untuk membuka foto, klik File| Open… Buka folder tempat foto Anda, pilih foto yang diinginkan dan tekan OK, maka foto akan terbuka.

2. Buat Layer Baru
Setelah foto asli Anda terbuka dengan sempurna, langkah berikutnya adalah buatlah layer baru. Membuat layer baru ini tujuannya ada untuk menyediakan tempat bagi goresan luka pada wajah yang akan kita buat nanti. Agar dapat leluasa dimodifikasi dan juga tidak mengganggu layer foto yang aslinya, buatlah layer baru ini. Caranya kliklah icon Create a New Layer. Sesaat kemudian terbukalah layer baru tersebut. Letakkanlah di atas layer foto yang aslinya.

3. Buat Memar Bekas Luka
Selanjutnya buat efek memar pada luka. Untuk membuatnya, klik Brush tool, atur ukurannya sesuai dengan memar yang ingin dibuat. Setelah itu klik menu pengaturan warna dan atur warna foreground menjadi merah muda (Font: #F00202). Poleskan brush tool ini ke bagian yang ingin Anda beri luka, maka jadilah sebuah memar luka. Setelah selesai, atur nilai opacity dari layer tersebut menjadi 45%. Kini memar tampak lebih samar. Lanjutkan dengan memoleskan Smear tool dengan parameter Strength 15% di tepian memar agar tampak menyatu dengan kulit.

4. Buat Inti Luka
Setelah selesai dengan memarnya, langkah berikutnya adalah membuat inti dari luka yang menganga ini. Untuk membuat inti luka, gunakanah brush tool dengan menggunakan warna merah tua atau merah darah. Atur juga ukuran brush agar lebih kecil dari ukuran yang digunakan pada pembuatan memar. Masih di atas layer yang sama dengan memar luka, poleskan brush berwarna merah darah ini sejalur dengan warna memar tadi. Setelah selesai, gunakan Smear tool lagi untuk memperhalus goresan dan membuat tampak seperti menyatu dengan memar di bawahnya. Poleskan Smear tool ini di sekujur goresan warna merah darah ini.

5. Jahit Luka Menganga
Kini Anda memiliki sebuah luka di muka yang masih menganga. Untuk menjahitnya, buatlah sebuah layer baru. Kemudian klik Brush tool dan beri warna hitam pekat. Atur ukuran brush agar sersuai dengan ukuran dari luka yang ada. Setelah brush selesai, buatlah garis-garis hitam melintang sepanjang luka tersebut, persis seperti benang jahitan. Aturlah banyak dan kerapatannya sesuai selera Anda. Setelah selesai, atur nilai Opacity dari layer benang jahit tersebut agar tampak lebih menyatu dengan lukanya.

6. Saturasikan (saturation) Foto
Setelah selesai, sebenarnya Anda sudah mendapatkan sebuah luka dengan jahitan yang cukup sempurna, namun masih ada satu kekurangan, yaitu warnanya yang terlalu dominan dan kurang hidup. Untuk sedikit lebih menghidupkan tampak luka ini, atur saturasi foto Anda ini. Caranya gabungkanlah dulu semua layer dengan mengklik menu Layer | Flatten image. Setelah selesai, kliklah menu Image | Adjustment | Hue/Saturation. Setelah menunya muncul, turunkan nilai Saturation hingga bekas luka tampak lebih menyatu dengan foto.

7. Buat Wajah Tampak Sangar!
Setelah selesai semua langkah, maka Anda sudah mendapatkan foto wajah Anda atau teman Anda sudah berubah total. Dari yang biasa-biasa saja menjadi cukup seram dengan bekas luka dan disertai dengan sedikit bekas jahitan dan memar. Siapapun bisa Anda ubah penampilannya dengan cukup mudah hanya beberapa langkah saja. Baik untuk sekadar lelucon maupun untuk menakut-nakuti mungkin saja bisa jika Anda mau. Selamat mencoba!

Source: PCM, by Hayri.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.