RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Cara Memilih Busi yamaha dengan Baik dan Benar

Cara Memilih Busi yamaha dengan Baik dan Benar

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki harga lumayan mahal. Walaupun begitu di Indonesia sepeda motor banyak sekali di temui di kota-kota besar bahkan di perkampungan, karena kini untuk membeli sepeda motor yang harganya jutaan sudah bisa menggunakan sistem kredit sehingga akan mempermudah siapapun yang ingin memiiliki sepeda motor. Sepeda motor juga menjadi sebuah kendaraan alternatif untuk menghindari kemacetan. Bodinya yang kecil dan ramping sehingga bisa membuatnya dengan mudah menelusuri jalanan yang sempit atau bahkan menyalip kendaraan-kendaraan besar lainnya. Jika anda menggunakan motor Yamaha maka anda perlu melakukan perawatan pada motor anda terutama pada busi yamaha.

Busi yamaha merupakan komponen atau bagian terpenting pada sepeda motor dimana busi ini berfungsi sebagai alat pembakaran campuran udara atau bahan bakar, atau juga alat pelepas panas pada ruang pembakaran. Busi ini sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin sebuah motor, jika businya tidak bagus maka dapat dipastikan performa pada motornya pun tidak bagus. Atau sebaliknya jika motor anda menggunakan busi yang bagus serta sesuai dengan ketentuan pada mesin anda, maka performa motor anda akan sangat maksimal. Maka oleh sebab itu anda perlu memperhatikan tentang pemilihan busi yang tepat, baik dan benar agar motor anda bisa bekerja dengan stabil dan maksimal. Dengan pemilihan busi yamaha yang bagus,  sangat memungkinkan untuk menghemat bahan bakar pada motor anda.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih Bisi Yamaha dengan Baik dan Benar yang perlu anda ketahui:

  1. Angka Panas Busi

Cara pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih angka panas busi yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan untuk mesin motor anda. jika angka pans busi tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi mesin pada motor anda maka bisa berakibat fatal yaitu mesin motor akan mengalami pengendapan karbon pada busi atau biasanya disebut dengan carbon fouling yang tentunya hal ini bisa merusak keadaan mesin pada motor anda.

  1. Tentukan Ukuran Busi

Cara kedua yang perlu dilakukan dalam memilih busi yamaha yang baik dan benar adalah dengan menentukan ukuran busi. Ukuran busi untuk motor anda harus sesuai terutama pada bagian ulirnya, jangkauan insulator , panjang ulirnya dengan spesifikasi pada mesin motor anda. Jika hal tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor anda maka akan sangat besar kemungkinan busi tersebut longgar dan menyebabkan mesin motor anda menjadi oberheat (panas berlebih) sehingga mengakibatkan pengendapan karbon pada mesin.  Selain itu, ukuran busi yang tidak sesuai juga dapat mengakibatkan pembakaran pada motor anda tidak sempurna dan bisa merusak piston.

  1. Cek Keaslian Busi

Cara terakhir yang wajib anda lakukan dalam memilih busi yamaha adalah dengan menentukan keasliannya. Berikut ini adalah cara membedakan antara busi asli dengan busi palsu:

  1. Busi asli memiliki ulir terminal nut yang lebih halus dibandingkan dengan busi yang palsu. Busi palsu memiliki ulir terminal nut yang cukup kasar dan tidak rapi.
  2. Busi asli memiliki konstruksi ujung elektroda dan penyambungan pada busi nya terlihat sangat rapi, sedangkan pada busi paslu konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan pada businya terlihat tidak rapi.
  3. Busi asli meiliki kode nomer produksi, sedangkan pada busi palsu tidak terdapat adana kode nomer produksi.
  4. Busi Asli memiliki ring yang sulit dilepas, sedangkan pada busi palsu ring nya sangat longgar.

Itulah beberapa cara memilih busi yamaha dengan baik dan benar yang perlu anda ketahui agar anda tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
Di tulis oleh: |
Kategori: Ada - ada aja! | No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.