RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Mengatasi Kebanjiran Duplikasi Puluhan Email pada Outlook/ Express

Mengatasi Kebanjiran Duplikasi Puluhan Email pada Outlook/ Express

 PERTANYAAN: Email website saya suka menerima email yang sama hingga puluhan kali

  • ANALISA: (Jika permasalahan yang dimaksud, usernya menggunakan outlook dalam mengakses email) Permasalahan tersebut umumnya terjadi jika di data inbox user yang ada di server ada email yg cukup banyak (mungkin karena agak lama tidak di tarik ke outlook, atau karena memang sedang kedatangan banyak email). Dan kemudian pada saat tarik emailnya ke outlook, terjadi putus /kegagalan di tengah.
    Misal ada 10 email di server yg sedang di tarik ke outlook, pada saat baru ada 5 email yg tertarik, kemudian koneksinya putus/tidak stabil dlsb sehingga gagal. maka pada saat di tarik lagi ke outlook email yang di tarik bukan hanya yang ke 6 s/d ke 10 , tapi mulai lagi dari yg pertama, sehingga ada duplikasi email yg masuk di inboxnya. Karena outlook baru akan melakukan command delete email di server setelah semuanya berhasil di tarik.
    Untuk memastikan dugaan ini, bisa dikirimkan 2 email yg sama tersebut (dalam bentuk attachment sehingga headernya tidak hilang), nanti akan kita cek dari header emailnya, jika kedua email tsb messagesID yang ada di headernya sama, berarti benar dugaan tsb diatas, bahwa messagesnya di server sebenarnya hanya 1, dan terjadi duplikasi di outlook client karena ada proses gagal receiving.

image

  • SOLUSINYA:

1. Periode tarik emailnya harus lebih sering di lakukan, jangan biarkan email tidak di tarik di server selama berhari hari, sehingga jumlahnya menumpuk sehingga menyulitkan untuk ditarik.
2. Jika sudah terlanjur menumpuk email di server, cek lewat webmail (http://www.websiteanda.com/webmail ), dan hapus dulu email email yg tidak penting/sudah dibaca/sudah tertarik ke outlook sebagian, sebelum memulai tarik lagi lewat outlook, Sehingga beban email yang perlu di tarik oleh outlooknya berkurang. Perhatikan juga email dengan attachment besar yang juga mungkin bisa jadi penyebab beratnya proses download email dari server ke outlook, pertimbangkan untuk di delete di webmail jika email tsb tidak benar benar penting.
3. Evaluasi lagi ISP yang digunakan untuk terkoneksi ke internet, mungkin koneksi dari ISP nya tidak stabil.

 

  • Saran: Sebaiknya cek secara berkala email and adi website, terlebih lagi untuk mengontrol email – email spam yang masuk. Kosongkan/ hapus email – email yang memang sudah tidak dipakai lagi, kosongkan TRASH email anda juga untuk mengurangi space pemakaian hosting.

Demikian, semoga membantu memberikan pencerahan buat yang lagi bingung.

Penulis: Lilis mayasari/ LieZMaya, sumber team support WebiiHost.Com | Hosting Murah Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
Di tulis oleh: | Tags:
Kategori: Email | 1 Comment
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.