RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Tutorial Cara Setting Addon domain/ Menambahkan domain baru kedalam cPanel Hosting anda

Tutorial Cara Setting Addon domain/ Menambahkan domain baru kedalam cPanel Hosting anda

Dengan fitur Addon domain, Anda dapat menghostingkan domain tambahan langsung dari account cPanel, tentu hal ini akan lebih praktis dan hemat karena anda tidak perlu repot – repot lagi mengingat password/ username cpanel yang banyak, anda cukup mengingat username password cPanel domain utamanya saja dan juga anda tidak perlu boros beli account hosting lagi bukan ;)

Nah Apakah anda sudah tahu cara – caranya?
Yang pertama pastikan dulu nama domain anda yang ingin di addonkan tersebut NS nama domainnya itu sudah mengarah dengan benar ke alamat server hosting yang di sediakan (contoh misalnya: ns1.webiihost.com dan ns2.webiihost.com) silahkan anda sesuaikan dengan ketentuan dari Provider hosting masing – masing tempat anda beli hostingnya, jika anda belum yakin benar sebaiknya tanyakan langsung kepada team CS support Provider hosting anda langsung ya supaya jangan sampai salah lho…oya NS ini bisa anda cek langsung di Whois Recordnya juga, cara cek Whois Domain bisa dilihat di halaman artikel ini niiiih….kalo belum benar mengarah ke servernya buruan rubah ya, trus tunggu masa propagasinya, biasanya sekitar 24-48 jam.

Nah kalo sudah di pastikan NS domainnya mengarah dengan benar ke server, selanjutnya tinggal anda settingkan saja konfigurasinya…
Jika Anda ingin tahu bagaimana menambahkan domain ke account cPanel Anda, maka ikuti langkah berikut:

  1. Akses cPanel hosting Anda dengan menggunakan salah satu URL ini: nama-domain-anda/cpanel, atau www.nama-domain-anda.com:2082
    Jangan lupa untuk mengganti nama-domain-anda.com dengan domain Anda sendiri.
  2. Pada bagian Tab Domain, klik Tombol Icon Addon Domains (Seperti contoh  gambar dibawah ini).
  3. Lalu masukan detail rincian nama domain anda yang ingin di addonkan seperti contoh gambar dibawah ini:
  • Nama Domain Baru: misalnya, your-domain-name.com
  • Subdomain / FTP Nama Pengguna dan Document root akan dibuat secara otomatis oleh sistem Cpanel dengan memasukkan nama domain baru Anda pada langkah diatas.
  • Lalu, Tambahkan password (disarankan lebih dari delapan karakter ya biar aman), kemudian klik Add Domain.

 

Nah selesai deh, Addon domain Anda telah dibuat…gampang bukan?
Sekarang Anda dapat pergi ke cPanel –> File Manager –> Public_html/nama-domain-anda.com (sistem membuat secara otomatis root Folder untuk domain baru anda tersebut) dan lalu anda bisa mulai mengupload konten file-file untuk website Anda ke Folder domain baru Anda tersebut, atau Anda dapat menggunakan software FTP seperti filezilla untuk meng-upload file Anda disana.

Nah selamat mencoba ya, semoga bermanfaat dan membantu mencerahkan buat anda yang lagi bingung belajar :P
Penulis: Lilis Mayasari A.K.A Neng LieZMaya™ CMIIW yap…
Image: Google.

Bagi teman-teman yang ingin membuat website online (toko online, blog online, website perusahaan, website sekolah, website butik), memerlukan Jasa Webdesign Murah dan friendly ramah,  jasa bikin website murah Indonesia, silahkan kunjungi halaman Cekasweb.com

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
17 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.