RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Lewat Pinjaman Online di Aplikasi Cermati

Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Lewat Pinjaman Online di Aplikasi Cermati

Boros atau tidaknya seseorang sebenarnya bukan lah di tentukan dari apa saja yang mereka pergunakan atau apa yang mereka beli, namun bagaimana cara mereka menahan keinginan untuk menggunakan atau membeli barang maupu jasa yang sifatnya konsumtif.

Sering kali seseorang membeli hanya pada apa yang mereka inginkan, bukan apa yang mereka butuhkan, padahal urgensi dari berhemat adalah dengan menekan pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting dan mengutamakan hal hal yang sifatnya kebutuhan pokok. Tak terkecuali untuk Anda yang menggunakan jasa jasa keuangan seperti Kartu Kredit, Pinjaman Dana, Asuransi hingga Kredit Kendaraan.

Jenis jenis produk keuangan tersebut sering kali di kaitkan dengan pengeluaran yang tidak sedikit. Katakan lah jenis produk keuangan berupa Kartu Kredit yang di sebut sebut sering kali impulsif untuk berbelanja.

Nyatanya tak semu orang memiliki padangan serupa, tergantung dari apa yang mereka hendak beli, dan untuk tujuan apa. Artikel Kita kali ini akan membahas mengenai beberapa hal yang wajib Anda perhatikan agar penggunaan aplikasi Cermati tidak membuat Anda impulsif dalam mengeluarkan dana dana yang tidak bermanfaat. Berikut ulasan selengkapnya :

  1. Gunakan Dana untuk Kebutuhan dengan Tingkat Return yang Jelas

Salah satu cara untuk mengalokasikan dana dengan cermat adalah dengan menggunakan dana untuk kebutuhan yang memiliki tingkat return yang jelas. Memiliki return yang jelas berbeda dengan kebutuhan dengan return yang tinggi, return yang jelas akan membuat Anda lebih mudah untuk mengorganisir pengeluaran untuk membayar cicilan, namun jenis kebutuhan dengan return yang tinggi belum tentu memiliki konsistensi dalam menghasilkan return sehingga sulit untuk di prediksi dalam membayar cicilan pinjaman maupun cicilan tagihan.

Salah satu jenis pengeluaran yang mudah untuk diperhitungkan adalah jenis kebutuhan untuk pembiayaan usaha yang telah stabil. Pastikan Anda telah menentukan target income yang hendak dicapai, katakanlah nominalnya jangan terlalu besar agar lebih realistis, selanjutnya Anda bisa memperhitungkan besaran cicilan yang dapat Anda bayarkan untuk membayar cicilan setiap bulannya, sehingga pembayaran cicilan lebih konsisten. Namun untuk Anda yang baru merintis usaha, cobalah untuk mengajukan nominal pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil, hal ini untuk menghindari adanya gagal pembayaran yang justru dapat merusak nama baik Anda di sistem BI Checking.

  1. Hindari Menggunakan Pinjaman Dana Maupun Kartu Kredit Untuk Keperluan yang Konsumtif

Tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan yakni dengan cara menghindari penggunaan dana untuk keperluan yang sifatnya konsumtif. Misal, Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) lewat Cermati.com untuk keperluan liburan. Hal tersebut tentu saja salah, pertimbangan pertama adalah bunga yang dibebankan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis jenis kredit lainnya. Jika KTA tidak di gunakan dengan bijak tentunya akan membuat keuangan Anda terganggu.

Selain itu jenis Kredit Tanpa Agunan juga cenderung memiliki tenor cicilan yang lebih pendek, sehingga pengeluaran Anda akan lebih terasa berat. Mulai lah untuk merubah gaya hidup, salah sah satunya adalah dengan cara menabung terlebih dahulu untuk selanjutnya dapat Anda pergunakan untuk membayar biaya liburan. Aplikasi Cermati pun menyediakan berbagai pilihan tabungan dengan fitur yang bermacam macam yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Selalu Bayar Lunas Pinjaman Kartu Kredit

Jika Anda telah memiliki banyak tagihan di Kartu Kredit, pastikan Anda selalu membayar lunas tagihan tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Hal ini berguna agar Anda selalu memiliki kualitas kredit yang lancar. Selain itu membayar lunas juga berguna untuk menghindari interest yang menumpuk dan justru akan semakin mencekik pengeluaran Anda. Hindari pula membayar tagihan kartu kredit, hal ini dikarenakan minimum payment pihak bank penerbit kartu kredit akan menerapkan interest yang besar dan cenderung membuat Anda sulit untuk lepas dari tagihan tagihan yang semakin menumpuk.

  1. Membayar Tepat Waktu

Selanjutnya yang harus Anda lakukan jika telah memiliki pinjaman pada sebuah bank adalah membayar tagihan tagihan dengan tepat waktu. Kartu Kredit, berbagai jenis Pinjaman, umumnya memberikan penalty bagi Anda yang membayar tagihan tidak tepat waktu. Denda tersebut pun tak main main, misal untuk jenis Kredit Tanpa Agunan, bunga keterlabatan pembayaran antara bank satu dengan yang lain berbeda beda namun tetap saja memiliki nominal yang cukup besar. Misalnya untuk bank HSBC menerapkan denda keterlambatan pebayaran sebesar Rp 70.000 perbulan, sedangkan KTA BNI menerapkan denda sebesar Rp 25.000 perharinya. Jika Anda telat berhari hari atau bahkan berminggu minggu tentunya nominal tersebut akan terakumulasi dan semakin mengganggu arus keuangan yang Anda miliki.

  1. Gunakan Jenis Produk Keuangan Sesuai Kebutuhan

Tips terakhir yang dapat Anda gunakan sebelum memilih produk keuangan adalah pilih lah jenis produk keuangan sesuai kebutuhan Anda. Misal, untuk jenis asuransi, Anda bisa menggunakan Badan Penylenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dengan harga yang relative lebih kecil. Namun tak perlu kawatir pula, apliaksi Cermati pun menyediakan berbagai jenis asuransi swasta dengan premi yang relative murah, Anda tinggal menentukan berapa dana yang hendak Anda investasikan untuk asuransi kesehatan yang akan Anda pergunakan.

Untuk BPJS, Anda bisa memilih kelas paling bagus. Untuk kelas paling bagus dalam BPJS pun memiliki premi yang masih jauh dibawah asuransi asuransi swasta yang kini banyak beredar di pasaran. Sedangkan untuk jenis produk keuangan dalam bentuk kartu kredit, pastikan penggunaan Anda hanya bertujuan untuk membeli dan menikmati keuntungan merchant yang telah bekerja sama. Misal untuk mendapatkan harga khusus, cashback, hingga cicilan 0%.

Demikian lah beberapa tips yang bisa Anda pergunakan sebelum memilih produk produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cermati lah sebelum memilih dan menggunakan produk keuangan agar dana yang Anda miliki tidak terbuang sia sia. Semoga berguna!

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
Di tulis oleh: |
Kategori: Uncategorized | No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.