RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Tips Menggunakan Pinjaman KTA untuk Memenuhi Kebutuhan Anda dalam Jangka Panjang

Tips Menggunakan Pinjaman KTA untuk Memenuhi Kebutuhan Anda dalam Jangka Panjang

Anda sedang butuh dana cepat? Barangkali salah satu opsi yang terlintas di benak adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan). Ya, KTA merupakan salah satu produk pinjaman online yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebani Anda dengan persyaratan seperti harus mempersiapkan suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Biasanya, ada banyak faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk mengambil pinjaman tanpa jaminan ini. Bisa jadi Anda berencana untuk melangsungkan proyek-proyek bisnis, untuk keperluan kredit konsumsi dan membeli barang kebutuhan pribadi, bahkan hingga untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam jangka panjang.

Selain itu, proses pengajuan KTA juga terbilang cukup mudah. Dengan hanya bermodalkan KTP dan kartu kredit, seketika itu juga Anda bisa langsung mengantongi sejumlah uang tunai. Dengan cara yang praktis tanpa berbelit-belit ini, tak heran jika produk KTA pun jadi semakin populer dan digemari di kalangan masyarakat.

KTA juga sudah dianggap sebagai produk komoditas. Dewasa ini pihak bank sangat getol mempromosikannya. Bukan cuma senantiasa berlomba-lomba menawarkan kemudahan proses dan layanannya, bahkan besaran suku bunganya pun terbilang sangat kompetitif. Semua itu tentunya sengaja dipersembahkan demi kesejahteraan masyarakat bersama dan demi untuk memikat hati para calon nasabah.

Bak pucuk dicinta ulam tiba, para nasabah yang tengah membutuhkan dana cepat pun serasa mendapat angin segar dengan demikian. Lagi pula, bank memang selalu mengedepankan KTA sebagai produk kredit unggulan ketimbang kredit konsumtif lainnya seperti KPR, kredit kendaraan bermotor, kartu kredit, hingga kredit multiguna.

Dan mengingat hampir semua bank saat ini sudah menawarkan produk KTA, nasabah tentu menjadi pihak yang diuntungkan dari situasi yang kompetitif ini. Ditambah lagi dengan sebagian di antara produk-produk KTA tersebut mengiming-imingi biaya provisi dan suku bunga yang disesuaikan.

Dengan demikian, bijakkah jika Anda hendak mengajukan KTA demi untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang? Sebelum mengambil keputusan, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan manfaat dan risiko pinjaman online ini. Jangan anggap enteng besaran suku bunganya hanya karena jangka waktu pengembaliannya yang panjang. Hati-hati, pasalnya banyak yang terkecoh dengan hal ini padahal KTA selalu menerapkan bunga flat yang membuat jumlah utang Anda jadi berlipat-lipat.

Dengan kata lain, kendati KTA bisa menjadi solusi praktis bagi Anda yang tengah membutuhkan dana cepat, namun tetap disarankan untuk memperhitungkan dengan cermat jika Anda memilih KTA untuk memenuhi kebutuhan seperti untuk menutupi biaya anak masuk sekolah, keperluan bisnis dan modal nikah.

Untuk lebih rinci lagi, mari cermati beberapa tips di bawah ini:

  1. Ingatlah untuk menjadikan KTA hanya sebagai penambal saja. Jangan mau jika petugas bank menawarkan pinjaman dalam jumlah tinggi padahal dana yang Anda butuhkan tidak seberapa besar, abaikan saja. Jangan ragu untuk mengatakan tidak. Bayangkan besaran bunga yang harus Anda bayarkan namun sebenarnya tidak diperlukan.
  2. Apakah berutang demi untuk memenuhi hal-hal yang sifatnya konsumtif betul-betul Anda butuhkan? Jika demikian, pertimbangkan kembali. Anda tentu ingin senantiasa sehat finansial. Jadi, alih-alih KTA, alangkah baiknya jika Anda memaksimalkan kartu kredit yang menawarkan cicilan nol persen saja untuk pembelian barang elektronik atau gadget.
  3. Pilih KTA dengan jangka waktu yang tersingkat. Ingat, semakin panjang jangka waktu untuk mencicil KTA, maka semakin tinggi pula beban bunga yang dikenakan kepada Anda.
  4. Sebagai nasabah yang cerdas, Anda akan ingin selalu membandingkan tiap produk KTA antarbank dan memilih yang terbaik—yang paling menguntungkan. Anda tentu akan memilih bukan hanya pelayanan yang paling prima, tapi juga produk KTA dengan besaran suku bunga yang paling kompetitif.
  5. Karena kepercayaan merupakan hal penting, tak terkecuali juga dalam proses pelunasan angsuran KTA ini. Seperti diketahui, rekam jejak dalam pembayaran cicilan peminjam KTA akan mengundang apresiasi pihak bank. Dengan tertib membayar angsuran, tentu pihak bank akan dengan senang hati mencairkan dana untuk Anda jika di lain waktu Anda hendak mengajukan pinjaman kembali.

KTA, Utang Pinjaman Baik

Sejatinya, terdapat dua jenis utang pinjaman yakni utang pinjaman baik dan utang pinjaman buruk. Saran ahli keuangan konvensional kebanyakan merekomendasikan agar tidak meminjam uang. Namun seperti namanya, utang pinjaman baik bisa dijadikan alternatif untuk memperbaiki kondisi finansial Anda dengan cara mendatangkan uang.

Ambil contoh, Anda bisa mengubah utang pinjaman buruk menjadi utang pinjaman baik dengan sebuah cara yang disebut “gearing”. Sederhananya, Anda berutang—dalam hal ini, KTA—demi mengolah uangnya untuk mendatangkan kekayaan guna memenuhi kebutuhan jangka panjang Anda.

Caranya pun bahkan terbilang sederhana, Anda hanya perlu menginvestasikan uangnya pada jenis investasi yang mempunyai pengembalian lebih besar daripada bunga utang tersebut.

Gearing” bisa membuat pundi-pundi uang Anda bertambah karena pengembalian investasi yang besar sudah mampu membayarkan utang berikut bunganya, sambil tetap memberikan keuntungan bagi Anda. Apa saja contoh investasi dengan tingkat pengembalian tinggi yang baik untuk digunakan dalam proses “gearing” ini? Anda dapat mencobanya di investasi saham dan properti.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium
Di tulis oleh: |
Kategori: Review promosi | No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.