RATE CARD!Pasang banner disini, dapatkan diskon 50%!

Beli Rumah Pertama Anda: Buatlah Keputusan yang Aman dan Tepat

Beli Rumah Pertama Anda: Buatlah Keputusan yang Aman dan Tepat

Apakah Anda mencari sebuah rumah dijual di Jakarta Selatan? Dengan banyak situs yang berguna seperti Rumah, mencari tempat yang sempurna untuk pindah menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Namun, Anda tidak harus mengambil setiap iklan properti yang Anda lihat online begitu saja. Proses ini bisa sangat rumit, karena melibatkan banyak faktor keuangan dan hukum yang tidak bisa dianggap enteng.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa saran yang mudah-mudahan akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat ketika mencari tempat tinggal baru. Bagaimanapun juga rumah adalah investasi yang sangat besar, sehingga Anda harus memastikan bahwa keputusan itu dibuat dengan penilaian yang baik bukan diatur oleh emosi dan perasaan.

Bacalah dengan Hati-hati: Jangan Hanya Membaca Kontrak Sekilas Saja

Mengapa penting untuk tidak membaca kontrak Anda terlalu cepat? Nah, menurut sebuah artikel oleh Scott Young, jumlah kata terbanyak yang mampu Anda baca permenit adalah sekitar 500-600, dan lebih dari itu akan menyebabkan Anda menjadi kurang memahami apa yang Anda baca. Anda mungkin membaca kata-kata tersebut, tetapi Anda tidak akan benar-benar memahami maknanya. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja salah mengartikan klausul dalam surat-surat pinjaman hipotek Anda, sehingga dapat membuat Anda mengalami kesalahan keuangan yang serius yang tidak dapat diperbaiki.

Namun, hanya karena Anda mengambil sedikit informasi ketika Anda membaca teks dengan cepat, tidak berarti Andaa harus menghindari teknik ini sepenuhnya. Apa yang harus Anda lakukan sebagai gantinya adalah dengan menggunakan keterampilan ini dalam hubungannya dengan membaca secara lebih mendalam. Scott Young menyatakan bahwa Anda mulai membaca dengan cepat bahan yang ada di depan Anda. Berdasarkan penelitian oleh McClusky dalam Journal of Educational Psychology, membaca teks secara sekilas di awal dapat membantu orang meningkatkan kecepatan membaca secara lebih mendalam.

Gunakan Anggaran dengan Bertanggung Jawab: Jangan Menghabiskan Lebih dari yang Anda mampu

Selain melunasi pinjaman hipotek Anda, Anda mungkin salah satu dari mereka yang masih memiliki hutang lain untuk dilunasi. Ini bia mencakup kendaraan yang masih harus Anda bayar, pinjaman yang Anda miliki saat Anda menjadi mahasiswa, dan setiap tagihan kartu kredit Anda. Pada saat yang sama, Anda masih harus terus membayar pengeluaran rutin bulanan Anda, seperti asuransi kesehatan Anda (jika Anda mendaftar ke salah satunya), bahan makanan Anda, air, listrik, akses internet, dan tabungan yang dimaksudkan untuk pensiun Anda.

Lihatlah biaya yang disebutkan sebelumnya dan lihat apakah ada faktor lain di dalam anggaran Anda. Tentu saja, jika Anda memiliki biaya lain yang tidak disebutkan di sini, maka pastikan untuk memasukkan mereka semua ke dalam daftar Anda. Kemudian, tambahkan mereka semua. Ini akan menjadi jumlah total uang yang harus Anda keluarkan secara teratur, dan bahkan tidak termasuk pinjaman hipotek Anda. Sekarang, kurangi jumlah total pengeluaran rutin Anda dari jumlah total uang yang Anda bawa pulang. Berapapun jumlah yang tersisa adalah berapa banyak uang tunai yang mampu Anda investasikan untuk sebuah rumah baru per bulan.

Lebih Baik Aman Daripada Menyesal: Jangan Melewatkan Inspeksi Rumah

Apakah Anda tahu bahwa sebanyak 10 persen orang yang membeli rumah pertama mereka mengabaikan inspeksi rumah? Kami tidak berbicara tentang penilaian rumah maupun ketika Anda mengunjungi properti dan melihat-lihat untuk diri sendiri. Meskipun Anda bisa mencoba untuk menyelidiki rumah sendiri, sangat bijaksana untuk melakukan inspeksi rumah profesional yang dilakukan oleh para ahli di lapangan. Anda mungkin tahu dasar-dasar tentang apa yang harus dikerjakan, tapi inspektur telah dilatih sehingga mereka tidak akan melewatkan sesuatu yang penting.

Inspektur profesional bertanggung jawab untuk memeriksa setiap sudut dan celah dari rumah baru Anda untuk memeriksa apakah ada masalah mendasar yang tidak disebutkan oleh pemilik asli. Beberapa pembeli rumah pertama kali memilih untuk melewatkan pemeriksaan dalam rangka untuk mencoba dan menyimpan uang. Meskipun Anda mungkin menghabiskan sejumlah uang pada pemeriksaan yang hanya akan memakan waktu sekitar dua sampai empat jam, itu akan menghemat lebih banyak uang. Setiap cacat yang tidak diselesaikan bisa menjadi lebih buruk dan mengakibatkan kerusakan dalam jumlah yang besar, salah satu yang mungkin bisa beberapa kali lebih besar dari biaya inspeksi asli.

Lakukan Penelitian Anda: Jangan Menetapkan Pilihan pada Rumah Pertama yang Anda Temukan

Beberapa pembeli rumah pertama, khawatir bahwa mereka tidak pernah dapat menemukan rumah lain yang ada di dalam anggaran mereka, memilih untuk menetapkan pilihan dengan properti apa pun yang bisa mereka dapatkan. Namun, berpikir seperti ini adalah cara mudah untuk melewatkan gambaran besar karena Anda terlalu terfokus pada satu tempat tertentu untuk dijual. Hanya karena Anda merasa sulit untuk mencari rumah dengan harga yang terjangkau di lokasi tertentu tidak berarti Anda tidak akan menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria Anda.

Berbicara tentang lokasi, Anda tidak harus membatasi diri untuk hanya satu kota, bila memungkinkan. Lebih penting lagi, harga pasar tidak statis. Mereka terus-menerus berfluktuasi karena sejumlah faktor yang berbeda, seperti penawaran dan permintaan. Jika properti yang ada dalam pikiran tidak banyak tersedia namun merupakan pilihan yang populer, maka permintaan akan naik, berarti penjual bisa menaikkan harga karena tidak ada banyak rumah seperti itu. Di sisi lain, jika rumah yang memenuhi kriteria Anda tinggi pasokan tetapi tidak banyak orang yang ingin membelinya, maka pemiliknya akan sangat mungkin menjatuhkan harga untuk menarik orang lain untuk membeli.

Kesimpulan: Selalu Gunakan Kepala Anda, Tidak Hanya Hati Anda

Mencari tempat baru untuk pindah adalah sebuah tantangan, tetapi tidak harus berakhir dengan kegagalan atau frustrasi. Dengan cukup penelitian dan pandangan ke depan, Anda dapat menentukan skala yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika kondisi pasar tidak persis seperti yang Anda harapkan, jangan terburu-buru untuk membeli rumah pertama yang bisa Anda temukan. Sebaliknya, persiapkan cukup uang untuk deposit sehingga saat akhirnya Anda menemukan properti periksa semua hal dalam daftar Anda, Anda telah siap sepenuhnya untuk melakukan transaksi.

Ingat saran-saran ini di dalam pikiran Anda saat Anda berusaha mencari rumah masa depan Anda. Anda tidak pernah bisa terlalu aman saat membuat investasi yang besar tersebut. Ingatlah untuk tidak mengambil kontrak pinjaman hipotek Anda berdasarkan pada nilai nominal dan hati-hati meneliti setiap kesalahan yang mungkin membahayakan keamanan finansial dan masa depan Anda. Pada saat yang sama, Anda juga harus melihat diri sendiri dan kebiasaan keuangan Anda lebih baik untuk menentukan apakah Anda siap untuk melakukan pembelian atau tidak. Jangan pernah lupa untuk melakukan pemeriksaan profesional menyeluruh dari rumah potensial. Dengan cukup kesabaran, Anda pasti bisa membeli sebuah rumah indah yang sepadan dengan hasil kerja keras Anda.

Print Friendly, PDF & Email
pasang banner premium

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please komentar yang nyambung yaaa dengan topik postingan saya diatas!, jangan spam! Ayo buktikan kalau anda adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.